Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Evaluasi Diri Guru Pemula (Guru IPS)

GALIFO---------Evaluasi Diri Guru atau disingkat Evadir menjadi strategi dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang harus diisi sesuai dengan format yang telah ditentukan.

EVALUASI DIRI GURU

Evaluasi Diri Guru dapat menjadi upaya sistematis untuk mengumpulkan, memilih, dan memperoleh data dan informasi yang valid dari fakta yang dilakukan oleh guru.

Dengan demikian, akan diperoleh gambaran menyeluruh tentang keadaan guru yang sebenarnya untuk dipergunakan dalam rangka pengambilan tindakan manajemen bagi pengembangan dirinya.

Karena berkaitan dengan keadaan guru, maka format pengisian data evaluasi diri guru berkaitan dengan evaluasi kompetensi yang dimiliki guru, meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional.

Perhatikan pernyataan berikut dan lengkapilah sesuai pendapat anda.  Anda dapat menggunakan pendapat yang anda tuliskan sebagai dasar anda berdiskusi dengan pembimbing tentang sasaran dan penyusunan rencana pengembangan profesional untuk pertama  atau mungkin  tahun kedua mengajar. 

Lengkapi semua penyataan berikut:

  1. Saya memilih menjadi guru karena terinspirasi dari ibu yang terlebih dahulu menjadi seorang guru yang lebih banyak waktu dengan keluarga dan menjadi guru saya bisa berdisiplin dalam segala hal dan bisa mendidik anak saya dan juga anak didik saya
  2. Alasan saya mengajar seabgai guru kelas karena sesuai dengan pendidikan yang saya tempuh yaitu S1 PGSD di Universitas terbuka UPBJJ Bandar Lampung  dan pada pendidikan dasar anak-anak lebih mudah untuk diarahkan,sehingga saya bisa cepat memahami karakter anak satu sama lain.
  3. Perasaan saya pertama kali mengajar di kelas adalah Saya merasa agak canggung, gerogi, dan punya rasa takut karena baru pertama kali berada didepan siswa, karena belum mengenal lebih dekat dengan siswa yang akan diajar.
  4. Menurut saya, para siswa menyukai saya saat berada pada situasi proses pembelajaran diluar kelas .
  5. Perilaku siswa yang paling menjengkelkan saya diantaranya selalu ramai sendiri ketika sedang belajar di dalam kelas.
  6. Saya mengetahui siswa menyukai atau tidak pelajaran saya melalui Sikap siswa yang tidak peduli dan bermain sendiri saat pelajaran, siswa berbicara dengan siswa lain kadang  ada juga anak yang sering ijin kebelakang.
  7. Beberapa hal yang tidak saya lakukan namun diharapkan siswa untuk dilakukan adalah penguatan yang bersifat hadiah berupa materi atau barang.
  8. Ketika para siswa marah di kelas, saya biasanya melakukan memberikan arahan dan bimbingan.
  9. Sebagai guru kelebihan saya dalam hal mengajar adalah penguasaan kelas dan penguasaan bahan ajar serta mengajar   dengan   menggunakan   alat   peraga.
  10. Menurut saya perilaku saya yang sering menimbulkan masalah di kelas adalah sering menggunakan kata berulang-ulang.
  11. Setelah mengalami hal-hal yang tidak menyenangkan di kelas saya biasanya melakukan Saya biasanya curhat kepada teman guru atau kepala sekolah agar saya bisa mendapat solusi atau jalan keluar dalam mengatasi masalah di dalam kelas.
  12. Setelah mengalami hal-hal yang  menyenangkan di kelas biasanya saya membrikan pujian atau dukungan untuk melakukan yang lebih baik lagi.
  13. Pendekatan psikologis apa yang telah saya lakukan pada siswa, untuk mencapai prestasi belajar maksimal Saya melakukan pendekatan secara individu, menanyakan apakah ada masalah pribadi dirumah, menanyakan ke orang tua dengan berkunjung kerumah atau melalui via telepon.

Lembar ini merupakan evaluasi diri. Anda tidak harus menunjukkannya kepada orang lain. Gunakanlah untuk memulai pembicaraan anda dengan pembimbing tentang pengajaran di kelas.  

Wargomulyo,  10 Februari 20....

Guru Pemula,



UMAR FAUZI,S.Pd.,SD.

NIP. 1990858402789 ............



Evaluasi Diri Guru (Guru Kelas)

NO

TUGAS UTAMA / INDIKATOR KIERJA GURU

Hasil Evaluasi Diri

I.

PERENCANAAN PEMBELAJARAN

1.

Guru memformulasikan tujuan  pembelajaran dalam RPP sesuai dengan kurikulum/silabus dan memperhatikan karakteristik peserta didik

Guru menyusun tujuan pebelajaran sesuai dengan kurikulum dan silabus tetapi belum memperhatikan karakteristik peserta didik.

2.

Guru menyusun  bahan ajar secara runut, logis, kontekstual dan mutakhir

Guru menyusun bahan ajar sudah runtut tetapi belum logis .

3.

Guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang efektif

Guru merencanakan pembelajaran sudah bagus tetapi belum efektif.

4.

Guru memilih sumber belajar/ media pembelajaran sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran

Guru sudah mampu memilih sumber belajar dengan tepat tetapi belum sepenuhnya sesuai dengan strategi pembelajaran yang baik.

II.

PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN YANG AKTIF DAN EFEKTIF

A.

Kegiatan pendahuluan

5.

Guru memulai pembelajaran dengan efektif

Guru memulai pembelajaran sudah efektif.

B.

Kegiatan inti

6.

Guru menguasai materi pelajaran

Guru menguasai pembelajaran yang akan diajarkan.

7.

Guru menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif

Guru menerapkan pendekatan pembelajaran sudah efektif.

8.

Guru memanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran

Guru memanfaatkan sumber belajar dengan baik.

9.

Guru memicu dan/atau memelihara keterlibatan siswa dalam pembelajaran

Guru melibatkan siswa dalam pembelajaran untk menemukan konsep secara sederhana.

10.

Guru menggunakan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran

Guru sudah menggunakan bahasa yang benar tetapi masih diselingi dengan bahasa ibu yang dipergunakan di lingkunagn sekolah.

C.

Kegiatan penutup

11.

Guru mengakhiri pembelajaran dengan efektif

Guru sudah mengakhiri pembelajaran dengan berdoa.

III.

PENILAIAN PEMBELAJARAN

12.

Guru merancang alat evaluasi untuk mengukur kemajuan dan keberhasilan belajar peserta didik

Guru membuat alat evaluasi sesuai dengan materi atau RPP untuk mengukur kemajuan belajar siswa

13.

Guru menggunakan berbagai strategi dan metode penilaian  untuk memantau kemajuan dan hasil belajar peserta didik dalam mencaIPS kompetensi tertentu sebagaimana yang tertulis dalam RPP

Guru menggunakan berbagai metode sesuai dengan RPP.

14.

Guru memanfatkan berbagai  hasil penilaian untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya dan  bahan penyusunan rancangan pembelajaran selanjutnya

Guru menganalisis lembar kerja siswa untuk mengukur keberhasilan dalam proses pembelajaran dan memberikan umpan balik yang dipergunakan dalam perbaikan penysusunan RPP dan proses pembelajaran berikutnya.


Wargomulyo,  10 Februari 20....

Guru Pemula,



UMAR FAUZI,S.Pd.,SD.

NIP. 1990858402789 ............

Post a Comment for "Evaluasi Diri Guru Pemula (Guru IPS)"