APLIKASI BELAJAR DIRUMAH GRATIS MASA CORONA


Belajar tidak mengenal siapa kapan dan dimana serta dengan siapa, sebab Sebab ilmu pengetahuan merupakam sesuatu yang akan diperoleh tidak lain dari proses yang namanya belajar sesuai dengan hadits  berikut:

مَنْ أَرَادَ الدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ, وَمَنْ أَرَادَ الأَخِرَةَ فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ, وَمَنْ  أَرَادَهُمَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ
“Barang siapa menginginkan soal-soal yang berhubungan dengan dunia, wajiblah ia memiliki ilmunya ; dan barang siapa yang ingin (selamat dan berbahagia) di akhirat, wajiblah ia mengetahui ilmunya pula; dan barangsiapa yang menginginkan kedua-duanya, wajiblah ia memiliki ilmu kedua-duanya pula”. (HR. Bukhari dan Muslim).

Dari penjelasan hadists diatas belajar bagi setiap insan adalah wajib dilakukan karena dengan ilmu agama dan pengetahuan akan memudahkan seseorang dalam menentukan jalan hidup dan mendapatkan apa yang diinginkannya.

Pada tahun ini guna mumutus penyebaran virus corona pemerintah pusat melalui kemeterian pendidikan dan kebudayaan mengeluarkan surat edaran No. 4  tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pedidikan dalam masa darurat penyebaran covid-19 (corana virus disease).

Dalam surat edaran tersebut dijelaaskan proses belajar dilaksanakan dirumah masing masing dengan ketentuan-ketuannya sudah dijelaskan dalam surat tersebut. Untuk lebih jelasnya silahkan donwload surat edaran tersebut di link berikut:
SE KEMENDIKBUD . NO.4 TAHUN 2020
Kumpulan Aplikasi Belajar
Banyak yang salah kaprah memaknai belajar dirumah. Belajar dirumah bukan berarti libur belajar, belajar dirumah dapat dilakukan dengan cara kita membaca buku teks pelajaran, buku on-line atau lainya bahkan untuk memudaahkan belajar ada beberapa aplikasi yang disediakan gratis dimasa pandemi korona ini.

Melansir laman resmi Kemendikbud RI, berikut ini rekomendasi 12 platform atau aplikasi GRATIS yang bisa diakses siswa untuk belajar di rumah. Aplikasi ini sebagai bentuk bersama hadapi CORONA.

1.    RUMAH BELAJAR
aplikasi  daring ini  yang dikembangkan oleh Kemendikbud dengan. Terdapat berbagai fitur seperti Sumber Belajar, Laboratorium Maya, Kelas Digital, Bank Soal, Buku Sekolah Elektronik, Peta Budaya, Karya Bahasa dan Sastra, serta fitur lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa secara GRATIS. link download aplikasi RUMAHBELAJAR

2.    MEJA KITA
MejaKita menyediakan materi pembelajaran dari tingkat SD s.d SMA yang gratis dan cukup lengkap serta disediakan media diskusi. Meja Kita mendukung siswa yang harus belajar di rumah untuk tetap dapat berdiskusi PR, soal dan tugas, serta berbagi catatan dan materi pembelajaran lainnya.
link download aplikasi MEJA KITA


3.    RUANG GURU
Ruangguru menyediakan Sekolah Online Gratis 
selama masa pandemi covid-19. Terdapat 250 video 
dan modul pelatihan guru yang dapat dimanfaatkan 
selama 1 bulan ke depan di aplikasi Ruangguru. 
link download RUANG GURU



sekolahmu4.    SEKOLAHMU
Sekolahmu menyediakan 
live streaming mata 
pelajaran dengan jenjang yang 
telah disediakan. SekolahMu menumbuhkan 
kompetensi pada semua dan setiap anak 
di berbagi usia dan jenjang. 
Link download SEKOLAHMU



5.    ZENIUS
Zenius memiliki program Belajar Mandiri di Rumah #BisaBareng dengan menyediakan puluhan ribu video materi belajar lengkap untuk jenjang SD, SMP, SMA untuk kurikulum KTSP, Kurikulum 2013, Kurikulum 2013 Revisi. Selain itu siswa dapat mengakses materi belajar lengkap untuk persiapan UNBK, UTBK, SPMB STAN, SIMAK UI, dan UTUL UGM. Konten-konten yang disediakan pada program ini dapat diakses secara gratis. 
link download aplikasi ZENIUS

 
6.    ICANDO
Aplikasi pendidikan anak yang memiliki program pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum 2013 Revisi terbaru yang dikembangkan secara komprehensif dengan ratusan mini games yang akan meningkatkan motivasi belajar anak-anak di jenjang PAUD.Unduh dan mainkan ICANDO


7.    INDONESIAX
indonesiaXAplikasi ini telah berpengalaman dalam mendukung penyediaan akses belajar bagi masyarakat melalui kursus-kursus berkualitas yang dibawakan oleh para instruktur terbaik bangsa. Sejak diluncurkan pada 17 Agustus 2015, silahkan download di
link download aplikasi INDONESIAX



8.    GOOGLE FOR EDUCATION
google for educationGoogle for Education disediakan oleh pihak goole dalam masa pandemi corona . aplikasi ini menyediakan layanan menggunakan Chromebooks dan G-Suite yang memungkinkan pembelajaran virtual walaupun dengan konektivitas internet yang rendah.  Unduh aplikasi belajar GOOGLEFOR EDUCATION


9.    KELAS PINTAR
kelas pintarmerupakan penyedia sistem pendukung edukasi yang menggunakan teknologi terkini untuk membantu murid dan guru dalam menciptakan praktik belajar mengajar terbaik. Dengan menghadirkan personalisasi dashboard untuk Siswa, Guru, dan Orangtua, Kelas Pintar berisi materi kurikulum 2013 yang disajikan dengan interaktif. Kelas Pintar telah hadir di Singapura, UAE, India dan Afrika Selatan.  
link download aplikasi KELASPINTAR


10. MICROSOFT OFFICE 365
MS office 365Microsoft menyediakan layanan Office 365 yang dapat digunakan oleh guru dan siswa secara gratis dan bukan versi percobaan. Guru dan siswa hanya perlu menyiapkan alamat email dengan domain sekolah. 
link download aplikasi MICROSOFTOFFICE 365



11. QUIPPER SCHOOL
Platform ini mudah mendukung guru untuk mengelola tugas dan pekerjaan rumah yang lebih efektif. Sehingga, guru dapat mengenali kekuatan dan kelemahan siswa lebih mudah. 
link download aplikasi QUIPPERSCHOOL


12. CISCO WEBEX
Guru akan mengajar seperti biasa melalui Video termasuk berbagi konten presentasi dan berinteraksi dengan papan tulis digital melalui layar komputer/smartphone . Selain itu, Cisco Webex juga menyediakan ruang kelas digital berbasis messaging, sehingga guru dan murid dapat tetap berdiskusi dan berbagi materi melalui fitur group chat di Cisco Webex Teams yang kami sediakan.
link download aplikasi CISCOWEBEX



0 Response to "APLIKASI BELAJAR DIRUMAH GRATIS MASA CORONA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel