Cara Cepat Berhitung Akar Kuadrat

Cara cepat berhitung akar kuadrat akan dapat kita kuasai dalam pelajaran Matematika jika kita mengetahui tehnik dan rumus yang tepat. Untuk yang mendasar kita harus hafal hasil dari pangkat dua bilangan 1 sampai 10 sehingga untuk menghitung akar kuadrat yang angkanya ratusan akan sangat mudah asal kita menguasai tehnik hasil pangkat dua 1-10 dan tehnik yang akan kita bahas saat ini.Banyak artikel yang membahas cara cepat menghitung akar kuadrat menggunakan Tabel hasil hitung exell tapi ini tidak akan dapat membantu ketika kita di beri soal ujian dimana kita tidak di perbolehkan membawa tabel atau alat bantu apapun. untuk ini saya akan membahas bagaimana cara menghitung akar kuadrat dengan cepat beserta contoh- contoh soal yang akan sangat membantu pemahaman anda semua.
Saat ini saya akan membahas 3 Tehnik untuk menghitung akar kuadrat dengan cepat
1. Tehnik Mencoba. untuk tahap awal atau dasar kita menggunakan tehnik mencoba atau kira-kira. untuk tahap ini biasanya di lakukan untuk tahap awal belajar akar kuadrat dimana angka-angka soalnya masih kecil. contoh V 64 =
pertama kita kira-kira 6 kuadrat = 36 ( lebih kecil) ; 7 kuadrat  = 49 ( lebih kecil ); 9 kuadrat =81 (lebih besar) jadi bisa di pastikan kemungkinan jawabannya adalah 8. kemudian kita cek dengan melakukan perkalian 8 x 8 = 64. jadi jawaban dari V64 = 8.

2. Tehnik pengambilan angka yang mendekati jawaban sementara. misalkan sebagai contoh V1764 maka kita cari jawaban sementara nya akar dari 1700. sebelum mempelajari tehnik ini maka anda harus hafal bilangan kuadrat 1-10
1^2 = 1
2^2 = 4
3^2 = 9
4^2 = 16
5^2 = 25
6^2 = 36
7^2 = 49
8^2 = 64
9^2 = 81
10^2 = 100
dari bilangan kuadrat di atas yang akan kita pakai adalah angka satuan ( warna merah )
Contoh V  1764 =
untuk angka pendekatan kita ambil angka 40 x 40 = 1600
jika kita ambil 50 x 50 = 2500 ( terlalu besar )
maka kita ambil hasil sementara 40
karena nilai satuan dari 1764 adalah 4 maka nilai satuan dari akarnya adalah 2 atau 8 ( dilihat dari daftar kuadrat 1-10, lihat angka merah yang nilainya 4 adalah hasil dari kuadrat angka 2 dan 8 )
dalam hal ini kita memilih angka 2
jadi jawabannya 40+2= 42
atau dapat dilakukan pengecekan misal kita ambil 8 maka 48 x48 =2304 ( salah )
kita ambil angka 2 maka 42x42= 1764 ( tepat sekali)

 Cara ini mungkin sepintas anda anggap rumit tapi jika anda sudah memahami maka anda akan dapat dengan sangat cepat menghitung akar kuadrat dengan bilangan-bilangan yang besar.

3.  Dengan Menggunakan Rumus Exel. Untuk cara ke tiga ini kita tidak di ajak untuk berfikir keras tapi cukup dengan menghafal rumus dari exel itu sendiri. untuk cara ini dalam 1 menit pun anda akan bisa menjawab soal yang jumlahnya mungkin ratusan karena kita tinggal kerjakan 1 soal dan selanjutnya tinggal copy rumus nya dan semua soal akan terjawab dalam satu click. sebagai contoh silahkan di pahami gambar berikut.
cara cepat menghitung akar kuadrat


pertama- tama harus diketahui yang di sebut sel adalah pertemuan antara kolom dan baris suatu / bagian terkecil dari worksheet.pada gambar di atas di contoh kan pada pertemuan antara kolom I dengan baris 5 maka di sebut cell I5, pertemuan antara kolom H dengan baris 11 di sebut cell H11. 
untuk soal perpangkatan kita lihat soal no 1)  2^2 = 4 ; soal no 2) 2^3 = 8. adapun cara pengerjaannya adalah sebagai berikut.
  • klik sel E4 
  • ketik rumus di awali =
  • ketik simbol ( kemudian klik pada C4
  • ketik simbol pangkat (^)
  • klik sel D4
  • ketik ) kemudian enter 
untuk soal akar kuadrat lihat tabel sebelahnya. langkah-langkahnya sebagai berikut
  • klik sel I4
  • ketik rumus di awali =
  • ketik SQRT
  • klik sel soal (H4)
  • enter 
  • maka soal no 1 sudah terselesaikan semua 
untuk menjawab soal berikutnya tinggal mengcopy rumus paling atas dan di copy ke bawah maka semua soal akan terjawab. untuk mengcopy rumus lebih jelas silahkan lihat gambar berikut




Demikian tips dari saya untuk kali ini. Semoga Bermanfaat.

0 Response to "Cara Cepat Berhitung Akar Kuadrat "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel