RESUME PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IX



RESUME PEMBELAJARAN 

1.      Gagasan utama sama halnya dengan pokok pikiran atau ide pokok dalam suatu paragraf. Gagasan utama merupakan dasar pengembang yang dijelaskan dari seluruh kalimat dalam sebuah paragraf. Gagasan utama biasanya terletak pada kalimat utama yang dijelaskan oleh kalimat lain. Kalimat utama bisa berada di awal, tengah dan akhir paragraf.  Kalimat ke dua dan ke tiga merupakan penjelas dari kalimat uatama/pertama.
2.      Mencari persamaan dan perbedaan pada kedua teks adalah dengan cara membandingkan dua buah kutipan teks tersebut.
3.      Kalimat utama adalah kalimat yang mengusung tema/topik masalah. Kalimat utama biasanya terletak pada awal paragraf (deduktif), di letakkan di akhir paragraf (induktif), dan di awal dan akhir paragraf (campuran).
4.      Informasi atau berita biasanya memberikan tentang  pemuatan hal yang akan disampaikan kepada khalayak umum.
5.      Kritikan adalah merupakan tanggapan yang disertai dengan penilaian baik buruknya  suatu persoalan.
6.      Kalimat pujian adalah merupakan kalimat yang berupa sanjungan terhadap persoalan.
7.      Memo adalah surat yang berisi pesan singkat dari seorang atasan kepada bawahan dalan sebuah organisasi atau instansi. Isi memo berupa saran, petunjutk perintah, informasi atau laporan.
8.      Laporan adalah dokumen yang berisi paparan peristiwa atau kegiatan yang telah dilakukan.
9.      Surat merupakan suatu sarana komunikasi tertulis yang digunakan untuk menyampaikan informasi, pernyataan atau pesan kepada pihak lain yang dituju oleh sipenulis surat dengan bentuk-bentuk tertentu.
10.  Surat resmi adalah surat yang dimuat oleh instansi, organisasi atau lembaga perusahaan tertentu yang ditujukan kepada orang atau lembaga tertentu. Jenis surat resmi yaitu surat undangan dan surat lamaran pekerjaan.
11.  Surat undangan merupakan jenis surat resmi yang bertujuan memberikan atau mengundang seorang dengan menyertakan informasi sejelas-jelasnya berkaitan dengan kegiatan yang akan dilaksanakan.
12.  Surat pribadi adalah surat yang berisi masalah pribadi, baik yang ditujukan kepda teman, keluarga maupun instansi tertentu.
13.  Buku harian adalah buku yang berisi catatan kegiaatan sehari-hari. Segala kegiatan yang dilakukan sehari-hari.
14.  Slogan adalah perkataan atau kalimat yang menarik atau mencolok serta mudah diingat, yang digunakan untuk memberitahukan sesuatu.
15.  Kata baku merupakan kata yang pengucapan dan penulisannya sesuai dengan aturan atau kaidah EYD, tata bahasa dan kamus KBBI.
16.  Kalimat fakta adalah kalimat yang dapat dibuktikan kebenarannya secara objektif.
17.  Kalimat opini adalah kalimat yang berupa pendapat atau gagasan dari seseorang yang belum tentu akan kebenarannya
18.  Tajuk rencana merupakan tulisan dalam sebuah surat kabar atau media masa yang berisi pendapat atau pandangan dari dewan redaksi terhadap suatu permasalahan actual.
19.  Grafik adalah gambaran pasang surut suatu keadaan yang dilukiskan dengan garis atau gambar. Grafik dibuat agar dapat memberikan informasi secara tepat dan cepat tentang tingkat perkembangan atau penurunan sesuatu yang didasarkan pada data yang akurat..
20.  Tabel adalah merupakan daftar yang berisi ikhtisar sejumlah data informasi yang biasanya berupa kata-kata dan bilangan yang tersusun secara tersistem (urut kebawah dalam baris dan kolom tertentu dengan garis pembatas)
21.  Denah adalah gambar yang menunjukkan letak suatu tempat atau kota, jalan,dan sebagainya.
22.  Keistimewaan tokoh yaitu suatu hal yang menunjukkan kualitas terbaik yang dimiliki oleh tokoh dan jarang dimiliki oleh orang lain.
23.  Simpulan isi paragraf adalah informasi lengkap berdasarkan penjelasan seluruh kalimat dalam sebuah paragraph.
24.  Rangkuman adalah bentuk ringkas dari sebuah paragraf/wacana, tetapi memuat informasi penting dari paragraf tersebut.
25.  Karangan adalah bentuk tulisan yang mengungkapkan pikiran dan perasaan pengarang dalam satu kesatuan tema yang utuh. Langkah-langkah mengarang adalah:
-          Membuat kerangka karangan
-          Menentukan judul karangan
-          Menentukan tema karangan
-          Mengembangkan keerangka karangan
-          Mengedit karangan yang telah jadi
26.  Pidato adalah kegiatan menyampaikan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan untuk orang banyak.
27.  Ceramah adalah merupakan pesan yang bertujuan memberikan nasehat dan petunjutk-petunjuk yang didalamnya terdapat audiens yang bertindak sebagai pendengar.
28.  Sambutan adalah merupakan ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepda orang banyak.
29.  Khutbah adalah merupakan pidato yang disampaikan oleh seorang khotib didepan jamaah sebelum sholat jum’at, idul fitri, sholat idul adha atau sholat yang lain yang didalamnya harus melakukan syarat-syarat tertentu.
30.  Diskusi adalah merupakan bentuk komunikasi dua arah yang didalamnya merupakan satu bentuk tukar pikiran atau pembicaraan secara teratur dan terarah mengenai suatu masalah.
31.  Karya ilmiah adalah tulisan atau karangan yang tersususn secara ilmiah. Hal-hal yang perlu dieprhatikan dalam karya ilmiah yaitu terdapat pendahuluan, rumusan masalah, latar belakang masalah, tujuan penelitian.
32.  Rumusan masalah merupakan rangkaian pertanyaan yang diuraikan dari tema.
33.  Latar belakang merupakan sesuatu yang berfungsi untuk menarik perhatian seorang pembaca dan memberikan arahan terhadap masalah-masalah yang akan diuraikan.
34.  Daftar pustaka (bibliografi) adalah merupakan daftar yang berisi judul buku-buku, artikel dan bahan penerbitan lainnya, yang mempunyai pertalian dengan karangan yang disetainya.
35.  Kalimat merupakan bahasa yang secara eksparatif berdiri sendiri dan mempunyai unsur S,P,O, K dan Pelengkap, yang semuanya digunakan untuk mengungkapkan suatu maksud tertentu.
36.  Paragraf merupakan bagian dari karangan (tertulis) yang umumnya terdiri dari beberapa kalimat.
37.  Subjek adalah bagian kalimat yang menunjukkan pelaku, tokoh, sosok, benda, suatu hal atau masalah yang menjadi pangkal atau pokok pembicaraan.
38.  Predikat adalah bagian kalimat yang memberitahu untuk melakukan tindakan –tindakan apa atau dalam keadaan bagaimana subjek dan memberikan tindakan atau perbuatan.
39.  Objek adalah merupakan bagian kalimat yang melengkapi predikat yang letakknya selalu dibelakang predikat.
40.  Keterangan adalah merupakan bagian kalimat yang menerangkan berbagai hal mengenai bagian kalimat yang lainnya.
41.  Pelengkap adalah merupakan bagian kalimat yang melengkapi predikat.
42.  Kalimat efektif adalah kalimat yang dapat mengungkapkan sebuah gagasan atau ide  dari penutur atau penulis secara tepat sehingga dapat dipahami oleh pendengar atau pembacca yang bentuknya di buat secara logis.
43.  Kalimat tanya (introgatif) adalah merupakan kalimat yang dipakai oleh penutur atau penulis utnuk memperoleh informasi atau reaksi berupa jawaban yang diharapkan dari mitra komunikasinhya.
44.  Kalimat berita (deklaratif) adalah merupakan kalimat yang dipakai oleh penutur untuk menyatakan suatu berita  kepada mitra komunikasinya.
45.  Kalimat perintah (imperatif) adalah merupakan kalimat yang dipakai jika penutur ingin menyuruh atau melarang orang untuk berbuat sesuatu.
46.  Kalimat seru (eksplaratif) adalah kalimat yang dipakai oleh penutur untuk mengungkapkan perasaan emosi yang kuat, termasuk kejadian tiba-tiba dan memerlukan reaksi spontan.
47.  Kalimat tidak padu adalah kalimat yang tidak memiliki kekoheren dengan kalimat yang lain dalam suatu paragraph.
48.  Boigarafi adalah catatan riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh dirinya sendiri.
49.  Auto biografi adalah catatan riwayat hidup yang di tulis oleh orang lain.
50.  Tema adalah ide dasar dari puisi yang menjadi inti dari keseluruhan makna dalam suatu puisi.
51.  Majas adalah merupakan bahasa kias yang digunakan untuk menciptakan efek tertentu.
52.  Suasana merupakan keterangan gambaran perasaan seseorang dalam puisi tersebut.
53.  Konflik adalah perseturuan atau masalah yang terjadi dalam sebuah cerita. Konflik dibagi menjadi dua yaitu konflik batin dan konflik fisik.
54.  Amanat adalah pesan yang tersirat dalam sebuah karya. Amanat dapat ditemukan melalui percakapan antar tokoh, tingkah laku tokoh, atau secara langsung oleh pengarang.
55.  Nilai moral adalah nilai yang mengandung atau berhubungan baik dan buruk seseorang atau tokoh.
56.  Tokoh adalah pelaku cerita dalam suatu novel atau cerpen.
57.  Penokohan adalah pemberian watak atau sifat pelaku dalam drama. Tokoh dapat dibagi menjadi tiga yaitu tokoh progagonis (baik), antagonis (jahat), dan tirtagonis (campuan).
58.  Watak tokoh adalah gambaran perilaku atau sikap tokoh dalam sebuah cerita yang berhubungan dengan difat manusiawi.
59.  Latar adalah merupakan tempat kejadian suatu peristiwa yang dialami oleh tokoh. Latar di bagi menjadi latar tempat, waktu dan suasana.
60.  Sudut pandang merupakan visi pengarang dalam memandang suatu peristiwa dalam cerita. Ada beberapa macam sudat pandang yaitu sudut pandang orang pertama ditunjukkan dengan kata “AKU” , sudut pandang peninjau (orang ketiga)  “DIA ”, dan sudut pandang campuran.
61.   Pengimajian (imaji) adalah merupakan kata atau susunan kata yang dapat mengungkapkan pengamalan sesoris, seperti penglihatan pendengaran, dan perasaan.
62.  Citaraan adalah daya bayang yang timbul dari inderawi.
63.  Rima adalah ulangan bunyi-bunyi yang sama dalam puisi, agar puisi menjadi indah.
64.  Puisi merupakan bentuk ekspresi pemikiran yang membangkitkan perasaan dan merangsang panca indra dalam susunan yang berirama dengan mengonsentrasikan semua bahasa berdasarkan struktur fisik dan batinnya.
65.  Tema puisi adalah ide pokok yang mendasari rangkaian kata-kata dalam sebuah puisi.
66.  Pantun adalah salah satu jenis puisi lama yang terdiri atas empat baris. Cirri-ciri pantun
-          Tiap bait terdiri dari empat baris
-          Setiap baris terdiri dari 4 sampai 6 kata
-          Setiap baris terdiri dari 8 sampai 12 suku kata
-          Baris pertama dan kedua merupakan sampiran
-          Baris ketiga dan ke empat merukan isi dan rima akhir baris bersajak ab-ab
67.  Drama merupakan bentuk kisahan yang menggambarkan kehidupan dan watak manusia melalui tingkah laku (akting) yang akan dipentaskan yang didalamnya berbentuk dialog-dialog antar tokoh.
68.  Novel adalah suatu karangan yang mengisahkan sisi utuh atas masalah kehidupan seseorang atau beberapa tokoh.
69.  Cerpen adalah merupakan suatu karangan berbentuk cerita pndek yang mengisahkan kejadian dari tokoh.

0 Response to "RESUME PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IX"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel